Jumat, 13 Februari 2015

Sebelum Memutuskan Menjadi Guru Baca Dulu 4 Hal Ini

Guru Mengajar
http://www.jpnn.com/
Guru adalah sebuah pekerjaan yang mulia. Kita bisa bekerja sambil terus belajar dan berinteraksi dengan banyak orang. Namun pekerjaan ini juga membutuhkan komitmen yang sangat besar. Jadi kalau masih ada pembaca yang memilih profesi guru karena merasa pekerjaanya gampang, sebaiknya berfikir ulang.

4 hal yang akan di sampaikan di tulisan ini barangkali terasa kurang mengenakkan. Tidak bermaksud mengurangi semangat pembaca sekalian untuk menjadi guru. Kami hanya ingin menyampaikan dukanya menjadi guru. Sehingga ketika kelak menjalani profesi ini tidak merasa menyesal dan lain sebagainnya.

Namun tidak perlu kawatir. Kalau tulisan ini sedikit mengurangi semangat, tulisan kami yang lain akan membuat semangat pembaca sekalian berkobar-kobar lagi. Silahkan baca 5 Alasan Menjadi Guru.

Berikut 4 hal yang perlu pembaca ketahui sebelum memutuskan menjadi guru.

1. Pengorbanan Waktu
Seorang guru harus ada di sekolah sejak jam 7 pagi hingga jam 3 atau 4 sore. Ada sekitar 8 jam guru berinteraksi dan berhadapan dengan para murid. Murid-murid yang penurut, pintar, sopan dan suka menolong tentu akan membuat betah berlama-lama di kelas. Namun sebaliknya, murid-murid yang nakal akan membuat kelas seperti neraka. Karena para murid yang menjadi troublemaker di kelas pasti memberikan tekanan tersendiri yang dapat membuat emosi dan stress naik.

Meskipun tidak perlu terlalu khawatir. Ada banyak cara untuk menaklukan murid-murid yang susah di atur. Salah satunya pembaca bisa membaca salah satu artikel disini tentang 4 Cara Menghadapi Murid Nakal.

Selain itu pekerjaan administrasi pengajaran juga cukup menguras tenaga dan waktu. Contohnya seperti membuat rpp, materi pembelajaran, program semester, menjawab keluhan para orangtua murid dan lain-lain. Pekerjaan semacam itu sering kali tidak selesai di sekolah. Sehingga, mau tidak mau waktu bersama keluarga harus di korbankan.

2. Gaji
Membicarakan gaji terkadang tabu bagi sebagian orang. Disini sengaja di bahas karena kami beranggapan banyak pembaca sekalian yang penasaran mengenai gaji guru. Pada dasarnya guru bukanlah profesi yang bisa membuat orang kaya raya. Bahkan menjadi kaya pun tidak.

Sebagai gambaran, kami akan menyampaikan rata-rata gaji guru di kota-kota besar. Di Jakarta gaji guru baru berkisar antara 3-4 jutaan. Di Bogor antara 1 juta – 3 juta. Tapi kalau di kota kecil di kabupaten, guru honorer yang memiliki jam sedikit kadang hanya di gaji 250 ribu perbulan. Kalau di rasakan sakitnya memang benar-benar disini bukan.

3. Penghormatan
Profesi guru memang merupakan profesi yang sangat terhormat tapi di satu sisi juga pekerjaan yang agak kasian. Ketika orang bertanya tentang profesi kita kemudian kita menjawab guru, ada beberapa orang yang merasa kasian. Semua sudah mahfum bahwa pekerjaan guru merupakan pekerjaan dengan gaji yang relatif kecil. Sangat jauh bedannya dengan orang yang bekerja di perusahaan yang bisa mencapai 7-20 jutaan. Walapaun rasa kasian itu hanya di ekspresikan dalam hati tapi rasa sakitnya tetap terasa bukan.

4. Harapan Masyarakat
Profesi guru bertugas mendidik orang secara intelektual maupun moral. Tentunya harapan masyarakat terhadap guru sebagai teladan sangat tinggi. Di masyarakat, guru di harapkan mampu menjadi orang yang bijaksana dan menjadi sumber pertolongan. Hal ini tentu berat karena membuat seorang guru kurang bisa menjadi diri kita sendiri. Setidaknya harus sedikit jaga image dan tidak bisa seenaknnya sendiri.

Jadi masih mau menjadi guru? Kalau ada pembaca yang mau menanggapi jangan sungkan-sungkan menuliskannya di kotak komentar. Biar pembaca yang lain juga tahu dan mempunyai tambahan pertimbangan sebelum memutuskan menjadi guru. Terima kasih

Penulis : Ardian Pradana
(@pradanaardian) 

Sebelum Memutuskan Menjadi Guru Baca Dulu 4 Hal Ini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar