Rabu, 21 Januari 2015

4 Cara Menghadapi Murid Nakal

www.theguardian.com
Menjadi seorang pengajar merupakan pekerjaan yang sangat menyenangkan. Kita bisa berinteraksi dengan banyak orang dan saling bertukar ilmu. Sayangnya beberapa murid yang nakal dan tidak menghargai guru membuat perasaan yang menyenangkan itu hilang seketika. Jika pembaca semua mendapati kasus yang sama, 5 cara menghadapi murid nakal dibawah ini bisa digunakan.



1. Pendekatan Personal
Cobalah dekati murid yang nakal secara personal. Ajaklah mereka bicara tentang hal-hal yang menyenangkan. Jika dirasa sudah akrab, tanyakan pertanyaan personal kepada mereka. Beberapa anak yang nakal sering berasal dari keluarga yang kurang harmonis. Sehingga mereka mengeksrepsikan stressnya dengan berperilaku nakal di sekolah.

2. Buat Kegiatan Bersama
Biasanya anak-anak SMP keatas suka dengan acar-acara kebersamaan. Kegiatanya bisa berupa ngaliwet bareng, nonton film, mancing atau lain sebagainnya. Gunakan kegiatan informal seperti itu sebagai ajang pengakraban kepada mereka. Biasanya murid yang akrab dengan gurunya akan segan untuk membuat masalah dikelas.

3. Tunjukkan Ketegasan
Guru yang tegas membuat siswa lebih segan. Ingat, tegas tidak berarti pemarah dan gemar teriak-teriak di kelas. Setiap peraturan di sekolah harus di jalankan oleh semua siswa. Jika ada murid yang melanggar berikan peringatan tegas. Kalau masih tidak ada perubahan, tahan anak-anak yang nakal beberapa menit setelah pulang sekolah dan berikan tugas tambahan .

4. Temui Orangtua
Jika ketiga cara diatas tidak cukup efektif, guru bisa datang ke rumah orangtua murid. Bicarakan masalah anaknya dengan mereka. Bersamaan dengan itu, guru juga bisa menggali informasi keadaan keluarga si anak. Dalam beberapa kasus, orang tua sering tidak memberikan cukup perhatian kepada anaknya. Sehingga mereka tidak tahu bagaimana keadaan anaknya dengan baik. Sarankan kepada orangtua untuk lebih memperhatikan anaknya dan sering-sering berinteraksi dengan mereka.

Empat cara menghadapi murid nakal diatas sebaiknya dilakukan secara bersamaan agar hasilnya akan lebih maksimal. Namun penulis sadar kalau banyaknya tugas guru disekolah membuat hal itu sedikit sulit. Sehingga pilihlah cara yang dirasa cocok dengan keadaan bapak-ibu semuanya. Intinya jangan pernah menyerah. Tunjukan kalau anda adalah seorang guru hebat yang dapat mendidik siswa dengan baik dan mampu menyelesaikan semua masalah dikelas.
(Ardian Pradana)

4 Cara Menghadapi Murid Nakal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar