Jumat, 23 Januari 2015

4 Penyebab Kurangnya Partisipasi Siswa

4 Penyebab Kurangnya Partisipasi Siswa
http://www.shakespeareandmore.com/
Permasalahan tentang kurangnya partisipasi siswa di kelas hampir di alami oleh semua guru.  Dengan persiapan yang matang hal itu sangat mungkin di hindari. Namun sebelum kita mencari solusinya, perlu terlebih dahulu mengetahui penyebabnya. Berikut empat penyebab kurangnya partisipasi siswa di kelas :

1. Siswa tidak terbiasa aktif di kelas
Di Indonesia, kebanyakan guru menggunakan metode ceramah sehingga siswa terbiasa pasif mendengarkan. Karena terbiasa hanya pasif, para siswa tentu kesulitan jika langsung di tuntut aktif berbicara. Ada banyak kemungkinan kenapa mereka takut berbicara di kelas. Salah satunya, siswa takut ide atau pertanyaan yang mereka kemukakan di kelas di anggap tidak mutu.

2. Kurang jelasnya tujuan dari diskusi
Tujuan diskusi harus secara eksplisit dijelaskan sejak awal. Karena siswa akan kebingungan mengikuti diskusi yang guru lakukan. Semisal guru ingin mendiskusikan tentang sebuah cerita. Sejak awal, guru harus menjelaskan sejelas mungkin apa yang mau dibahas. Misalanya membahas tentang karakter tokoh-tokohnya, konflik ceritanya, atau pelajaran dalam ceritanya.

3.  Budaya beda pendapat
Budaya memiliki peran yang cukup penting dalam partisipasi siswa di kelas. Siswa-siswa yang berasal dari budaya yang menjunjung tinggi menjaga perasaan biasanya enggan untuk berkonfrontasi dan berbeda pendapat. Terlebih kalau mereka harus berbeda pendapat dengan guru.

4. Gaya belajar dan kepribadian siswa
Siswa memiliki banyak cara dalam belajar. Ada siswa yang memiliki model belajar mandiri, sehingga merasa tidak nyaman jika belajar secara bersama-sama. Oleh karena itu guru harus benar-benar mengenal betul gaya belajar pada masing-masing siswanya.

Demikian tadi empat penyebab  kurangnya tingkat partisipasi siswa di kelas. Solusi untuk masalah diatas akan di bahas di artikel yang lain. Semoga bermanfaat 

Penulis: Ardian Pradana 
@pradanaardian

4 Penyebab Kurangnya Partisipasi Siswa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar