Jumat, 06 Februari 2015

3 Cara Orang Korea Selatan Merayakan Hari Guru

Di negeri ginseng perayaan hari guru sangat meriah. Semua orang terlihat sangat mengapresiasi hari guru. Di sekolah-sekolah, para murid, guru dan semua staff tumpah ruah ikut merayakan hari yang spesial ini. Berikut 3 cara orang korea selatan dalam merayakan hari guru.

https://teacherspage.wordpress.com
1. Pemberian Bunga Anyelir
Bung anyelir di korea selatan merupakan sebuah makna yang sarat makna tergantung warnanya. Anyelir putih melambangkan cinta yang murni dan keberuntungan. Anyelir merah terang melambangkan kekaguman dan merah gelap melambangkan cinta yang mendalam dan kasih sayang. Seadangkan warna yang mempunyai makna sangat besar adalah anyelir pink yang membawa pesan cinta abadi dari seorang ibu.

Tradisi memberikan bunga anyelir ini sudah terjadi sejak abada 19. Para murid biasa memberikan bunga anyelir kepada para guru ketika merayakan hari guru. Hal ini sekaligus sebagai bentuk rasa cinta dan hormat kepada guru mereka.

2. Kartu Cinta
Pada saat merayakan hari guru, para siswa juga menunjukan rasa cinta mereka dengan menulis surat cinta. Menulis surat cinta ini merupakan tradisi yang sudah bertahun-tahun ada. Biasanya para siswa memberikan surat cinta yang mereka tulis kepada guru-guru yang paling mereka sukai. Cara ini percaya dapat memberikan kesan yang mendalam kepada para siswa dan guru. Sehingga jalinan kedekatan antara siswa dan guru semakin akrab.

https://teacherspage.wordpress.com
3. Pesta Perayaan
Di korea selatan, profesi guru merupakan profesi yang sangat terhormat. Negara sangat menghargai profesi ini. Saat 15 Mei yang jatuh sebagai Hari Guru Nasional, pemerintah memberikan banyak sekali penghargaan. Penghargaan tidak hanya di berikan kepada guru TK sampai SMA saja. Tapi para pengajar di kampus-kampus seperti dosen dan instrukur juga tida luput dari perhatian pemerintah. Selain penghargaan dari pemerintah, para tuan rumah menyiapkan hidangan yang lezat dan mahal di rumah masing-masing. Hal ini sebagai wujud rasa penghargaan kepada guru.

Begitu besar kan rasa hormat orang Korea Selatan dalam menghargi hari guru? Sepertinya banyak hal yang bisa di contoh dan diterapkan di negara kita, Indonesia. Sehingga setiap jatuh Hari Guru tidak berlangsung biasa-bisa saja. Yang mana cuma upacara seremonial semata. Selayaknya para guru beserta pemerintah lebih kreatif sehingga ada kesan yang mendalam ketika jatuh Hari Guru Nasional. Dengan adanya kesan itu di bisa jadi semangat guru untuk mengajar kian meningkat dan tentunya bisa berdampak pada naiknya performa mengajar guru.
(Ardian Pradana)

3 Cara Orang Korea Selatan Merayakan Hari Guru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar